Minggu, 14 Desember 2008

Design IT KPU Sumbar

Oleh : Husni Kamil Manik
Pengelolaan situs KPU Sumbar merupakan abstraksi dari penggunaan system informasi teknologi (IT) yang telah membantu memperingan penyelesaian kegiatan kepemiluan di Sumatera Barat. Disebut abstraksi karena materi yang dimuat pada situs tersebut merupakan data statistik yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi IT setiap program dan tahapan pemilu.
Sampai pada tahapan kampanye sekarang ini, KPU Sumbar telah menggunakan aplikasi IT pada tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, pendaftaran dan verifikasi calon anggota DPD, pencalonan anggota DPRD, dan pengelolaan logistik.
Dalam menghadapi program dan tahapan berikutnya, KPU Sumbar merencanakan menggunakan beberapa aplikasi IT untuk keperluan pengelolaan biodata penyelenggara pemilu, biodata anggota partai dan calon anggota DPD, penghitungan suara, dan penetapan calon terpilih. Keseluruhan hasil pengolahan aplikasi IT tersebut akan dimuat pada situs KPU Sumbar.
Situs KPU Sumbar yang beralamatkan http://www.kpu-sumbarprov.go.id/, selayaknya memuat menu lain bersamaan dengan data statistik pemilu di Sumbar. Menu lain itu adalah sejarah pemilu di Sumbar, kamus pemilu, perpustakaan pemilu, berita pemilu, opini pemilu, jaringan situs pemilu, dan ruang diskusi pemilu.
Khusus untuk menu berita pemilu, menurut saya situs KPU Sumbar perlu menggunakan metode citizen jurnalisme yang menghandalkan sumber berita daerah di Sumatera Barat. Untuk kepentingan tersebut, KPU Sumbar melatih anggota KPU dan staf sekretariat KPU Kab/Kota se Sumbar agar memiliki ketrampilan jurnalis dan pemanfaatan IT. Di samping itu, KPU Sumbar juga perlu mengajak para wartawan peliput pemilu untuk bisa menjadi mitra dalam pemanfaatan situs KPU Sumbar.

Tidak ada komentar: